Selasa, 08 Maret 2016

Membersihkan Rumah Cegah Penyakit Demam Berdarah

Tahukah Anda pada tahun 2014 menurut departemen kesehatan, ada sekitar 71 ribu orang yang terkena penyakit demam berdarah dan sekitar 641 diantaranya meninggal dunia. Walaupun seakan remeh karena hanya demam biasa, penyakit demam berdarah ini jika tidak dicegah dan segera diobat bisa menyebabkan kematian.

Demam berdarah ini sudah menjadi penyakit “langganan” masyarakat Indonesia, bahkan Word Health Organization (WHO) pada tahun 2009 mencatat Indonesia sebagai negara dengan kasus demam berdarah tertinggi di Asia Tenggara.

Penyakit demam berdarah hanya dapat ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus dengue. Nyamuk tersebut suka hidup ditempat yang lembab, contohnya di sudut-sudut rumah. Rumah yang lembab akan menyebabkan berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti.

Membersihkan rumah sehari dua kali adalah kewajiban, ruangan seperti ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur serta halaman tetap bersih akan mencegah jentik nyamuk dan penyebaran nyamuk demam berdarah. Sekarang kami akan memberikan bagaimana cara membersihkan rumah dari bahaya demam berdarah.
Segera perbaiki sirkulasi udara
Cara membersihkan rumah yang pertama adalah, pergerakan nyamuk Aedes Aegypti itu bukan malam hari, tetapi pada pagi atau siang hari. Maka dari itu, Anda harus mempunyai sirkulasi udara rumah yang baik. Jika Anda menggunakan ruangan ber-AC, jangan lupa membuka jendela serta pintu ruangan pada pagi hari dan sore hari. Ini tentu akan mencegah terjadinya kelembapan ruangan. JIka ruangan Anda tidak ber-AC dan selalu terbuka, jangan lupa gunakan kasa nyamuk pada jendela atau lubang ventilasi ruangan rumah Anda, Gunakan obat nyamuk yang aman untuk keluarga.

Pakaian kotor serta lemari pakaian bisa menjadi sarang nyamuk

Pernah membiarkan lemari pakaian Anda terbuka sebentar? Anda pasti melihat beberapa nyamuk langsung masuk ke dalam lemari pakaian Anda. Itu karena lemari adalah salah satu tempat yang lembab. Jadi tutup selalu lemari pakaian Anda jika sedang tidak digunakan.

Sama halnya dengan pakaian kotor, tumpukan pakaian kotor akan membuat nyamuk Aedes Aegypti bersuka-cita. Segera cuci atau tutup bak pakaian kotor Anda. Membersihkan tumpukan pakaian kotor merupakan salah catu cara membersihkan rumah dari bahaya demam berdarah.
Bersihkan halaman rumah Anda
Ketika Anda mempunyai halaman atau tanaman, selalu bersihkan dari daun-daun yang gugur dan sampah organik. Karena jika hujan datang, daun-daun serta sampah organik tersebut akan menampung air yang dapat digunakan sebagai tempat perkembang biakan nyamuk demam berdarah.

Ikuti fogging atau pengasapan

Fogging atau pengasapan biasanya dilakukan ketika dalam suatu lingkungan terdapat kasus demam berdarah yang cukup tinggi. Fogging ini sangat ampuh untuk membunuh nyamuk serta serangga. Anda bisa melakukan request fogging dengan menghubungi perangkat desa atau RT/RW setempat. Fogging merupakan salah satu cara membersihkan rumah yang baik, karena termasuk menyeluruh.

3M, Menguras, Menutup dan Mengubur Barang Bekas

3M ini yang selalu dicanangkan serta disosialisasikan pemerintah dalam membersihkan rumah dari bahaya demam berdarah. 3M adalah menguras penampungan air secara rutin minimal seminggu sekali. Penampungan air seperti bak mandi atau kolam ikan. Lalu yang kedua adalah menutup. Menutup tempat penampungan air ini ditujukan untuk daerah pedesaan yang tidak memungkinkan untuk dikuras. Maka dari itu solusinya adalah menutup tempat penampungan air seperti sumur dan bak mandi,

Yang terakhir adalah mengubur. Jika Anda mempunyai barang-barang seperti kaleng cat, plastik atau barang yang tidak terpakai lainnya segera kubur. Karena barang-barang tersebut dapat memungkinkan terjadinya genangan air yang dapat nyamuk bertelur. Jika tidak mempunyai halaman yang cukup luas, tempatkan barang-barang tersebut secara rapi atau jual barang tersebut.

Tentu hal-hal diatas tidak hanya berguna bagi diri Anda sendiri, tetapi juga berguna bagi keluarga serta lingkungan sekedar Anda. Lakukan hal-hal sederhana terlebih dahulu, lalu biasakan lakukan cara membersihkan rumah diatas agar terhindar dari bahaya delam berdarah.
Sumber : http://www.seekmi.com/mag/jasa-rumah-tangga/cara-membersihkan-rumah-dari-bahaya-demam-berdarah/
http://sianghari.besaba.com/?q=node/8
http://pasangiklandepok.blogspot.com/2016/03/hit-obat-nyamuk-effective.html
http://masihakudisini.blogolink.com/billet/hit-obat-nyamuk-effective-46488.html
http://masihakudisini.blogolink.com/billet/cegah-dbd-dengan-hit-obat-nyamuk-46487.html
http://konsumenpahamperlindungan.blogspot.com/2016/03/obat-nyamuk-berbahaya-atau-tidak.html
http://begajul12.blogspot.com/2016/03/mengusir-nyamuk-dengan-obat-nyamuk.html
http://indonesiaherbalku.blogspot.com/2016/03/mengusir-nyamuk-aman-dengan-tradisional.html
http://qoryabusanaku-shop.blogspot.com/2016/03/yuuk-cegah-terserang-penyakit-demam.html
http://qoryabusanaku.blogspot.com/2016/03/lingkungan-bersih-cegah-penyakit-dbd.html
https://plus.google.com/+MasihAkuDisini/posts/bk1F5W7sFQ5

0 komentar:

Posting Komentar